PRAMUGARI BUKAN SEKEDAR CANTIK













“Beauty is just a skip a deep, manners is more important”


Apabila seseorang mengenal kata flight attendent atau lebih akrab dgn sebutan pramugari udara, maka tentunya akan terbayang seorang wanita dengan predikat “Cantik” melekat padanya. Tentunya hal ini adalah suatu yg sangat wajar sekali, karena itulah tuntutan dari masyarakat asia umumnya dan indonesia khususnya. Tetapi penilaian cantik sanagt relatif, Canti menurut penilaian seseorang, belum tentu cantik menurut penilaian orang.

Figur seorang Flight Attendant masing-masing perusahaan jasa trasnportasi udara, yang dibutuhkan buanlah hanya cantik dengan arti cantik dengan garis wajah sempurna seperti bidadari atau boneka tetapi kecantikan alami, Elegan, Pandai dan menarik. Tentunya semua hal tsb tidsakserta merta ada pada semua wanita tetapi dapat di pelajari.

Untuk mencapai target tsb, maka seorang calon Flight Attendant harus mengikuti pelatihan khusus SUMATERA FLIGHT EDUCATION CENTER selam 1 tahun. Calon Flight Attendant tsb akan dilatih dan di bekali dari segi kognitif, afektif dan psikomotorik utk menjadi seorang Flight Attendant yang handal dengan standar internasional. Memang tidak mudah dibutuhkan usaha yang maksimal. Performa seorang Flight Attendant yang profesional tentunya tidak terlepas dari kehandalannya pada hal – hal yang menyangkut dunia penerbangan yang tidak terpisah dari Safety, Security dan Service.

Safety dan Security mempunyai aturan internasional yang baku dan mutlak, sementaravService memerlukan fleksibelitas dan perkembangannya sangat dinamis. Dalam dunia penerbangan internasional, ssafety adalah menjadi hal yang utama tetapi di masyarakat Asia, Indonesia khususnya, Service menjadi sorotan. Untuk itu setiap perusahaan jasa penerbangan dituntut terus berupaya meningkatkan servicenya seiring tentunya peningkatan dalam hal Safety dan Security.

Pada saat seorang Flight Attendant bertemu dengan pelanggan (Customer), yang akarab disebut sebagai penumpang, pastilah yang akan terlihat lebih dulu adalah wajahnya. Untuk itu seoarng Flight Attenddant haruslah selalu menampilkan wajah yang bersahabat dengan senyum yang ramah. Senyum sepertinya hal yang kecil tetapi membawa dampak positif yang besar sekali, baik kepada yang memberikan ataupun mendapatkannya.Senyum itu menular dan membuat rileks. Siswa Flight Attendant SUMATERA FLIGHT dilatih senyum selam 8 jam pelajaran dan wajib senyum setiap bertemu dengan siapaun.

Selanjutnya yang dilatihkan dan diwajibkan bagi seorang Flight Attendant adalah bagaiman bersikap/perilaku, berkomunikasi, bersikap tubuh dan berpenampilan dengan positf, sesuai dengan profesi Flight Attendant. Karena semua yang tsb di atas, yang selanjutnya di sebut sbg faktor – faktor personal adalh hal-hal yang mempengaruhi penilaian seseorang terhadap Flight Attendant dan juga kepada orang lain.

Apabila seorang Flight Attendant dapat menampilkan perilaku (behavior), komunikasi (communication), sikap tubuh (body language) dan penampilannya (appearance) denagn positif, maka “Brand image” nay akan positif dan tentunya berdampak kepada image masing-masing perusahaan secara keseluruhan. Karena Flight Attendant adalah seorang perwakilan perusahaan yang berhadapan langsung dengan pelanggan dan cenderung mempunayi waktu lebih lama berinteraksi dengan pelanggan selam di dalam pesawat (in-Flight). Keberhasilan seorang Flight Attendant mrnciptakan kenyamanan bagi para pelanggan selam penerbangan adalah tentunya merupakan kepiawaiannya dalam mengolah perilaku, komunikasi, sikap tubuh dan penampilannya dengan baik, sehingga tidak terjadi kesenjangan pada saat berinteraksi dengan pelanggan.

Karena keberadaan Flight Attendant pada suatu penerbangan adalah menciptakan kenyamanan kepada para pelanggan, maka pelatihan-pelatihan dan kontrol yang berhubungan dengan faktor-faktor personal tsb terus digiatkan, agar tercipta seorang Flight Attendant yang “Cantik” dalam arti yang luas, yaitu menarik, ramah, sopan dan pandai.

Ayo tebarkan pesonamu rekan Flight Attendant, SMILE…….











Selasa, 08 Juni 2010

SEKILAS PANDANG SUMATERA FLIGHT EDUCATION CENTER

Nama Lembaga : SUMATERA FLIGHT EDUCATION CENTER
Legalitas Lembaga
Jurusan Pramugari : SK.Diknas No.217/Kpts/2007
Jurusan Staf Airline : SK.Diknas No.219/Kpts/2007
Jurusan Staf Cargo : SK.Diknas No. 218/Kpts/2007
Akreditasi : B (Baik) untuk semua jurusan
Support Instansi Pemerintah : Dinas Perhubungan
SUMATERA UTARA
Nama Yayasan : Yayasan Kusuma Mahardhika Yogyakarta
Pendiri : Prof.Dr.Ir.H.Supranto, SU.
Akta Notaris : Akta Notaris Iin Suny Atmadja
No.64 Tgl.30 September 2006
NPWP : 02.682.612.3-542.000
Alamat Kampus : Perum Citra Garden Blok A.5 No. 12 – 15 Jl.Jamin Ginting Padang Bulan Medan
Email : sum_flight1th@yahoo.co.id
Telepon : (061) 76592-592
Direct Call/SMS : 081-265731370


SUMATERA FLIGHT EDUCATION CENTER MEDAN didirikan atas prakarsa para praktisi dan akademisi yang mengabdi di dunia transportasi udara, karena melihat masih sangat dibutuhkannya luas peluang kerja di perusahaan-perusahaan penerbangan, dan perusahaan jasa pendukungnya.

VISI
1. Menjadi Lembaga Pendidikan Airlines Crew terbaik di Indonesia
2. Menjadi pilihan utama dan terdepan dalam Pendidikan Airlines Crew.

MISI
1. Berperan aktif dalam mengembangkan dunia pendidikan nasional
2. Menyiapkan Sumber Daya Manusia yang professional, handal, dan siap bersaing di dunia transportasi udara
3. Memberikan bekal ilmu, tehnologi, keahlian, dan kecakapan spiritual STAF AIRLINES

TEST SELEKSI MASUK
TES TULIS (KEMAMPUAN UMUM, INTELEGENSI, BAHASA INGGRIS, MENTALITY)
TES KESEHATAN FISIK, DAN PERFORMANCE
TES WAWANCARA

PERSYARATAN MASUK
A. KETENTUAN UMUM
PUTRA PUTRI WARGA NEGARA INDONESIA
LULUSAN MIN. SMA/SEDERAJAT
UMUR MAKSIMAL 23 TAHUN
SEHAT JASMANI DAN ROHANI
PENAMPILAN MENARIK
BERKELAKUAN BAIK

B. KETENTUAN KHUSUS
1. JURUSAN PRAMUGARI
a. TINGGI BADAN PUTRI MIN 160 CM
b. TIDAK BERKACAMATA / LENSA KONTAK
c. TIDAK ADA LUKA KULIT
d. GIGI TIDAK BERLUBANG

2. JURUSAN STAF AIRLINES DAN CARGO
a. PUTRA MIN.165 CM
b. PUTRI MIN. 158 CM

3. BERAT BADAN PROPORSIONAL
4. TIDAK BUTA WARNA
5. TIDAK MEROKOK
6. TIDAK MENGKONSUMSI NARKOBA & MINUMAN KERAS


FASILITAS PENDIDIKAN

1. LOKASI KAMPUS STRATEGIS

2. LABORATORIUM KOMPUTER ONLINE

3. KOLAM RENANG DI LINGKUNGAN KAMPUS

4. EXTRA KURIKULER

5. FASILITAS ASRAMA

6. TENAGA PENGAJAR PROFESIONAL

7. PEMBINAAN MENTAL & SPIRITUAL

MATERI PENDIDIKAN

A. MATERI DASAR
1. BASIC ENGLISH
2. ENGLISH AIRLINES
3. MANDARIN LANGUAGE
4. COMPUTER APLICATION

B. MATERI UMUM
1. AVIATION KNOWLEDGE
2. BASIC TICKETING & RESERVATION AIRLINES
3. HANDLING COMPLAIN
4. ATTITUDE & SOCIAL ETIQUETTE
5. POISE & GRACE
6. WORLD TIME TABLE
7. PAX HANDLING
8. SERVICE EXCELLENT
9. AVIATION SECURITY
10. DANGEROUS GOOD
11. BAGGAGE & PASSANGER HANDLING
12. ADVANCE TICKETING & RESERVATION AIRLINES (ONLINE SYSTEM)
13. AIRFARE DOCUMENT
14. MARKETING AIRLINES

C. MATERI KHUSUS
1. FLIGHT SAVETY
2. RULES & REGULATION
3. FOOD & BAVERAGE
4. CABIN PRACTICE
5. ANNOUNCEMENT
6. AVIATION MEDICINE
7. RAMP HANDLING
8. WEIGHT & BALANCE
9. ADVANCE AIR CARGO
10. WARE HOUSING
11. MARKETING CARGO
12. AIR CARGO
13. OPERATION HANDLING
14. RECRUITMENT TOUR
15. ON THE JOB TRAINING
16. LAPORAN & UJIAN LISAN

PERUSAHAAN-PERUSAHAAN YANG MENYELEKSI & MEREKRUT
SUMATERA FLIGHT

1. GARUDA AIRWAYS
2. GARUDA CITY LINK
3. HAJ FLIGHT ATTENDANCE
4. LION AIR
5. BATAVIA AIR
6. WINGS AIR
7. QATAR AIRWAYS
8. MERPATI NUSANTARA AIRLINE
9. PT.GAPURA ANGKASA
10. PT.ANGKASA PURA I
11. PT.PRATITHA TITIANNUSANTARA
12. PT.NATRA GROUND HANDLING
4. Mendidik dan mengantarkan peserta didik ke dunia kerja
5. Mengembangkan jalinan relasi dalam dan luar negeri

PROGRAM PENDIDIKAN
Program Pendidikan ini ditempuh dalam masa 1 (satu) tahun, dan mempunyai 3 (tiga) jurusan, yaitu:
PRAMUGARI – PRAMUGARA
STAF CARGO
STAF AIRLINES

TEST SELEKSI MASUK
TES TULIS (KEMAMPUAN UMUM, INTELEGENSI, BAHASA INGGRIS, MENTALITY)
TES KESEHATAN FISIK, DAN PERFORMANCE
TES WAWANCARA

PERSYARATAN MASUK
A. KETENTUAN UMUM
PUTRA PUTRI WARGA NEGARA INDONESIA
LULUSAN MIN. SMA/SEDERAJAT
UMUR MAKSIMAL 23 TAHUN
SEHAT JASMANI DAN ROHANI
PENAMPILAN MENARIK
BERKELAKUAN BAIK

B. KETENTUAN KHUSUS
1. JURUSAN PRAMUGARI
a. TINGGI BADAN PUTRI MIN 160 CM
b. TIDAK BERKACAMATA / LENSA KONTAK
c. TIDAK ADA LUKA KULIT
d. GIGI TIDAK BERLUBANG

2. JURUSAN STAF AIRLINES DAN CARGO
a. PUTRA MIN.165 CM
b. PUTRI MIN. 158 CM

3. BERAT BADAN PROPORSIONAL
4. TIDAK BUTA WARNA
5. TIDAK MEROKOK
6. TIDAK MENGKONSUMSI NARKOBA & MINUMAN KERAS


FASILITAS PENDIDIKAN

1. LOKASI KAMPUS STRATEGIS
2. LABORATORIUM KOMPUTER ONLINE
3. KOLAM RENANG DI LINGKUNGAN KAMPUS
4. EXTRA KURIKULER
5. FASILITAS ASRAMA

TENAGA PENGAJAR PROFESIONAL

PEMBINAAN MENTAL & SPIRITUAL

MATERI PENDIDIKAN

A. MATERI DASAR
1. BASIC ENGLISH
2. ENGLISH AIRLINES
3. MANDARIN LANGUAGE
4. COMPUTER APLICATION

B. MATERI UMUM
1. AVIATION KNOWLEDGE
2. BASIC TICKETING & RESERVATION AIRLINES
3. HANDLING COMPLAIN
4. ATTITUDE & SOCIAL ETIQUETTE
5. POISE & GRACE
6. WORLD TIME TABLE
7. PAX HANDLING
8. SERVICE EXCELLENT
9. AVIATION SECURITY
10. DANGEROUS GOOD
11. BAGGAGE & PASSANGER HANDLING
12. ADVANCE TICKETING & RESERVATION AIRLINES (ONLINE SYSTEM)
13. AIRFARE DOCUMENT
14. MARKETING AIRLINES

C. MATERI KHUSUS
1. FLIGHT SAVETY
2. RULES & REGULATION
3. FOOD & BAVERAGE
4. CABIN PRACTICE
5. ANNOUNCEMENT
6. AVIATION MEDICINE
7. RAMP HANDLING
8. WEIGHT & BALANCE
9. ADVANCE AIR CARGO
10. WARE HOUSING
11. MARKETING CARGO
12. AIR CARGO
13. OPERATION HANDLING
14. RECRUITMENT TOUR
15. ON THE JOB TRAINING
16. LAPORAN & UJIAN LISAN

PERUSAHAAN-PERUSAHAAN YANG MENYELEKSI & MEREKRUT
SUMATERA FLIGHT

1. GARUDA AIRWAYS
2. GARUDA CITY LINK
3. HAJ FLIGHT ATTENDANCE
4. LION AIR
5. BATAVIA AIR
6. WINGS AIR
7. QATAR AIRWAYS
8. MERPATI NUSANTARA AIRLINE
9. PT.GAPURA ANGKASA
10. PT.ANGKASA PURA I
11. PT.PRATITHA TITIANNUSANTARA
12. PT.NATRA GROUND HANDLING

Tidak ada komentar:

Posting Komentar