PRAMUGARI BUKAN SEKEDAR CANTIK













“Beauty is just a skip a deep, manners is more important”


Apabila seseorang mengenal kata flight attendent atau lebih akrab dgn sebutan pramugari udara, maka tentunya akan terbayang seorang wanita dengan predikat “Cantik” melekat padanya. Tentunya hal ini adalah suatu yg sangat wajar sekali, karena itulah tuntutan dari masyarakat asia umumnya dan indonesia khususnya. Tetapi penilaian cantik sanagt relatif, Canti menurut penilaian seseorang, belum tentu cantik menurut penilaian orang.

Figur seorang Flight Attendant masing-masing perusahaan jasa trasnportasi udara, yang dibutuhkan buanlah hanya cantik dengan arti cantik dengan garis wajah sempurna seperti bidadari atau boneka tetapi kecantikan alami, Elegan, Pandai dan menarik. Tentunya semua hal tsb tidsakserta merta ada pada semua wanita tetapi dapat di pelajari.

Untuk mencapai target tsb, maka seorang calon Flight Attendant harus mengikuti pelatihan khusus SUMATERA FLIGHT EDUCATION CENTER selam 1 tahun. Calon Flight Attendant tsb akan dilatih dan di bekali dari segi kognitif, afektif dan psikomotorik utk menjadi seorang Flight Attendant yang handal dengan standar internasional. Memang tidak mudah dibutuhkan usaha yang maksimal. Performa seorang Flight Attendant yang profesional tentunya tidak terlepas dari kehandalannya pada hal – hal yang menyangkut dunia penerbangan yang tidak terpisah dari Safety, Security dan Service.

Safety dan Security mempunyai aturan internasional yang baku dan mutlak, sementaravService memerlukan fleksibelitas dan perkembangannya sangat dinamis. Dalam dunia penerbangan internasional, ssafety adalah menjadi hal yang utama tetapi di masyarakat Asia, Indonesia khususnya, Service menjadi sorotan. Untuk itu setiap perusahaan jasa penerbangan dituntut terus berupaya meningkatkan servicenya seiring tentunya peningkatan dalam hal Safety dan Security.

Pada saat seorang Flight Attendant bertemu dengan pelanggan (Customer), yang akarab disebut sebagai penumpang, pastilah yang akan terlihat lebih dulu adalah wajahnya. Untuk itu seoarng Flight Attenddant haruslah selalu menampilkan wajah yang bersahabat dengan senyum yang ramah. Senyum sepertinya hal yang kecil tetapi membawa dampak positif yang besar sekali, baik kepada yang memberikan ataupun mendapatkannya.Senyum itu menular dan membuat rileks. Siswa Flight Attendant SUMATERA FLIGHT dilatih senyum selam 8 jam pelajaran dan wajib senyum setiap bertemu dengan siapaun.

Selanjutnya yang dilatihkan dan diwajibkan bagi seorang Flight Attendant adalah bagaiman bersikap/perilaku, berkomunikasi, bersikap tubuh dan berpenampilan dengan positf, sesuai dengan profesi Flight Attendant. Karena semua yang tsb di atas, yang selanjutnya di sebut sbg faktor – faktor personal adalh hal-hal yang mempengaruhi penilaian seseorang terhadap Flight Attendant dan juga kepada orang lain.

Apabila seorang Flight Attendant dapat menampilkan perilaku (behavior), komunikasi (communication), sikap tubuh (body language) dan penampilannya (appearance) denagn positif, maka “Brand image” nay akan positif dan tentunya berdampak kepada image masing-masing perusahaan secara keseluruhan. Karena Flight Attendant adalah seorang perwakilan perusahaan yang berhadapan langsung dengan pelanggan dan cenderung mempunayi waktu lebih lama berinteraksi dengan pelanggan selam di dalam pesawat (in-Flight). Keberhasilan seorang Flight Attendant mrnciptakan kenyamanan bagi para pelanggan selam penerbangan adalah tentunya merupakan kepiawaiannya dalam mengolah perilaku, komunikasi, sikap tubuh dan penampilannya dengan baik, sehingga tidak terjadi kesenjangan pada saat berinteraksi dengan pelanggan.

Karena keberadaan Flight Attendant pada suatu penerbangan adalah menciptakan kenyamanan kepada para pelanggan, maka pelatihan-pelatihan dan kontrol yang berhubungan dengan faktor-faktor personal tsb terus digiatkan, agar tercipta seorang Flight Attendant yang “Cantik” dalam arti yang luas, yaitu menarik, ramah, sopan dan pandai.

Ayo tebarkan pesonamu rekan Flight Attendant, SMILE…….











Rabu, 09 Juni 2010

GAYA BUSANA FLIGHT ATTANDENT SUMATERA FLIGHT


‘’ Beauty is Just a Skin dep , manners is more important’’.
Sebagai seorang FLIGHT ATTANDENT, penampilan merupakan hal yang tidak dapat di kesampingkan.
Untuk itu sebaiknya kita melihat kembali acuan kita dalam memilih busana yang akan kita pakai .
Pada saat kita inggin menentukan busana yang akan kita pergunakan , maka kita harus memperhatikan
Hal-hal sbagai berikut ;
Siapa yang menggundang, maksudnya ialah apabila yang mengundang adalah seorang yang terhormat ,
Maka kita harus memilih busana yang klasik (formal), dimana yang harus kita hindari adalah kain dari jenis kaos, jeans dan denim. Untuk amannya , lebih baik kita memilih busana yang semi-formal denggan bahan katun .sebagai siapa kita berperan saat itu , maksudnya kita harus menyesuaikan busana yang kita kenakan sesuai peranan kita saat itu , janggan berlebihan (lebay).
Situasi/Suasana, maksudnya kita harus menyesuaikan busana yang kita kenakan sesuai dngan acara pada saat itu. Pada saat kita hadir pada acara orang yang sedang lagi berduka , maka pilihlah warna busana yang gelap, jangan yang berwarna dan bercorak ramai . pada saat kita menggunjungi kantor, maka pilih busana yang formal denggan model sederhana.
Waktu, maksudnya kita harus menyesuaikan bahan busana yang kita kenakan sesuai waktu/musim ditempat kita berada. Apabila kita berada di tempat yang dinggin , maka kita pilih bahan busana dari woll. Sedanggkan di tempat yang mengalami musim panas atau tropis, pilih lah busana dari bahan katun,agar dapat menyerap keringat.
Usia, juga menjadi acuan kita dalam memilih model busana yang akan kita kenakan. Semanggkin bertambah usia kita , tentunya pilihan busana kita sebaiknya kpd model dan motif yang sederhana.
Image/citra yang inggin d tampilkan, maksudnya ingatlah bahwa busana yang kita kenakan dapat menunjukan siapa diri kia. Citra yang di tampilkan oleh seorang Flight Attendan Airlins , untuk itu, mari kita melhat aturan/ etiket dalam menentukan busana yang di kenakan.
Warna kulit tubuh, maksudnya kita sebaiknya memilh busana sesuai dengan kulit tubuh kita,agar kita terlihat segar. Dalam penggelompokan warna, ada dua kelompok warna, yaitu warna hangat (warm) dan warna sejuk (coll). Yang termasuk warna hangat (warm) antara lain : orange, yellow, bright, pink, light-green yang termasuk warna sejuk(coll) antara lain : blue, pink, read to blue, green to blue , valvet.
Untuk melihat warna yang cendrung lebih cocok untuk kita, letakkan bahan baju di atas leher kita, kemudian perhatikan, kelompok warna mana yang membuat wajah kita terlihat cerah.
Warna, juga dapat menyiasayti bentuk tubuh. Warna gelap cendrung memperkecil dan warna teran cendrung memperbesar. Selain itu warna berfungsi untuk membantu mood kita yang sedang tidak baik .jadi apabila kita merasa sedang sedih , malas , gunakanlah warna busana yang cerah / hanggat (warm),agar kita lebih semanggat .
Bentuk tubuh, merupakan pertimbanggan yang sanggat utama dalam memilih model busana yang akan kita kenakan, agar bentuk tubuh kita terlihat indah dan propesional


tips Berbusana berdasarkan bentuk tubuh
1. Trapesium : lebar bahu lebih kecil dari pinggul dan cendrung terlihat turun dan terkesan bunggkuk.
Pilih bbusana dengan blus bercorak besar, warna terang atau model lenggan jas, rok / celana warna
Gelap atau denggan motif lurus/ diagonal. Hindari blus denggn potonggan leher lebar, warna gelap
Atau ketat. Rok / celana warna terang atau motif horizontal / besar

2. Segitiga : lebar bahu lebih besar dari pinggul . dada cendrung besar.
Pilih busana denggan blus berpotonggan V, bahan jatuh (lentur) atau warna gelap.rok/celana warna
Terang ,model lipit, bahan agak tebal atau motif agak tebal atau model agak tebalatau motif agak
Besar . untuk yang tubuhnya kecil ,gunakan warna senada .hindari blus denggan potonggan leher
Bulat

3. Gelas waktu : garis bahu dan pinggul seimbang .
Pilih busana denggan potonggan sederhana . apabila menggunakan stelan , sebaiknya warnanya senada.
Hindari busana denggan motif besar. Karna akan menelan tubuh yang munggil

4. Anggka delapan : bahu cendrung gemuk, bagian dada cendrung penuh dan besar , jarak bahu ke pinggang terkesan pendek, pinggul penuh dan panggkal paha besar . pilih busana model cardigan
Denggan panjang melebihi pinggul atau blazer yang panjangnya melebihi pinggul .
Hindari busana yang ketat, blus/ jas pendek (gantung), berbahan tebal atau bermotif besar

5. Persegi panjang : bagian pinggang tidak berlekuk , lebar bahu cendrung sama ,pilih busana model kimono, rok/celana berkerut . hindari busana bersiluet lurus,longgar,bercorak horizontal
6. Bulat lonjong : garis bahu penuh dan turun ,pinggang tidak ramping , perut cendrung besar .pilihlah model yang terdiri dari jaket denggan rok / celana . atau terusan denggan jaket atau blus luar .hindari busana yang ketat , bercorak besar, bergaris horizontal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar